• Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 = 3,82 (skala 0-4) || • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2017 = 81,16 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg
  • by
  • 2012-07-24 02:52:30
  • news

Pengembang IGOS, Sosialisasikan IGOS di UPT BPPTK LIPI

Gunungkidul, 17 Juli 2012, Nana Suryana, S.Kom, MT, Pengembang IGOS (Indonesia Go Open Source) Nusantara sekaligus Peneliti dari Pusat Penelitian Informatika LIPI, melakukan sosialisasi IGOS Nusantara di UPT BPPTK LIPI. IGOS Nusantara adalah Sistem Operasi berbasis Open Source yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI.

Tentang IGOS Nusantara

IGOS Nusantara diawali dengan DEKLARASI BERSAMA Indonesia, Go Open Source (IGOS) oleh 5 Menteri yaitu Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kehakiman dan HAM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Menteri Pendidikan Nasional pada tahun 2004. Kemudian dalam perkembangannya pada tahun 2006 munculah IGOS Nusantara sebagai Distro yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI.

Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan sampai saat ini IGOS Nusantara sudah mengalami perkembangan pesat. IGOS Nusantara pertama diluncurkan pada tahun 2006 dengan versi IGN2006 dan saat ini IGOS Nusantara sudah berada di tahun ketujuhnya dengan versi IGN R7.2.

Dalam menggunakan Proprietary Software (Non-Free Software) selain kita harus membelinya dengan harga mahal, kita akan menemui kerugian yang tidak kita sadari salah satunya perjanjian yang mengikat seperti sertifikasi perjanjian hanya untuk satu user dan ketika user lain menggunakan dianggap tidak legal. Untuk menghindari hal tersebut kita harus segera beralih ke Open Source Software dan salah satunya adalah IGOS Nusantara.

Banyak keuntungan-keuntungan yang didapat pada IGOS Nusantara versi terbaru ini diantaranya ringkas, cepat, mudah diinstal, menggunakan Bahasa Indonesia, dan bisa mendeteksi beberapa hardware secara otomatis tanpa harus menginstal driver. Selain itu untuk memudahkan pengguna, ada beberapa paket yang ditawarkan IGOS Nusantara ini, ada Live USB yang bisa diakses lewat USB Flashdisk tanpa harus menginstal, ada Live CD yang bisa diakses lewat CD Room tanpa harus menginstal dan ada paket instalasi yang bisa diinstal di PC/Laptop, dan tentunya masih banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan IGOS Nusantara.

Kegiatan Sosialisasi IGOS Nusantara

Presentasi dan percobaan aplikasi software IGOS Nusantara di UPT BPPTK LIPI Gunungkidul dihadiri oleh peneliti, staff dan pejabat struktural yang berlangsung hampir selama 2 jam, mulai dari instalasi, pengenalan cara penggunaan dan sampai dengan pemaparan mendalam mengenai IGOS Nusantara. Untuk mengetahui secara luas mengenai IGOS Nusantara ini, para pengguna dan peminat informatika dapat mengakses informasi pada www.igos-nusantara.or.id.

Disela-sela sesi tanya jawab Bapak Hendra Herdian, S.Pt., M.Sc. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha sekaligus Peneliti UPT BPPTK LIPI menyampaikan sedikit saran untuk memperkenalkan IGOS Nusantara pada masyarakat Indonesia yaitu dengan mewajibkan adanya software IGOS Nusantara sebagai Sistem Operasi pada setiap penjualan unit PC/Laptop, dengan hal tersebut diharapkan masyarakat Indonesia akan mengenal IGOS Nusantara dan diharapakan mereka akan menemukan kehandalan Sistem Operasi ini.

Semoga semangat para pengembang Open Source Software (OSS) untuk mengembangkan OSS bisa diikuti semangat para pengguna untuk menggunakan OSS. Go Indonesia dan Jayalah Indonesia.

|


Artikel Sejenis