Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2016 = 4,43 (skala 0-5) | Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2016 = 79,83 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

FGD Penyusunan Business Plan BPTBA LIPI – PUI Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional

BULAN TEKNOLOGI BPTBA LIPI TAHUN 2017

Yogyakarta – Minggu, 10 September 2017, Pkl. 09:00 WIB, dalam rangka pelaksanaan Puncak Acara Bulan Teknologi Tahun 2017, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul mengadakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Penyusunan Business Plan BPTBA LIPI – PUI Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional. Kegiatan dihadiri oleh Usaha/UKM binaan BPTBA LIPI ; Yuci Food Industry, PT. Sri Wiji Utami/Sambel Pecel Bu Jayus, Empis-empis Tuna Cabe-Temanggung, UD. Krawu Burger Indonesia, CV. Buana Citra Sentosa/Gudeg Bu Tjitro, Griya Cokelat Nglanggeran, Andrawinaloka Gudeg Bu Citro, CV. Niela Sary, Umiyakko Java Food dan KOLIGA (Koperasi LIPI Gading). Kegiatan diadakan untuk lebih memperluas wawasan bagi kalangan Usaha/UKM binaan BPTBA LIPI dalam aspek pengelolaan dan pengembangan bisnis selain dari sisi teknologi yang diberikan oleh Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI Gunungkidul.

Acara mendatangkan Narasumber/Konsultan Manajemen dari Eureka Mahardhika Consultant - Bpk. Moch. Genta Mahardhika, S.E., MBA. Setelah sesi perkenalan dengan Usaha/UKM binaan BPTBA LIPI dan staff/peneliti BPTBA LIPI, Bpk. Genta langsung masuk ke dalam paparan materi, ia mengatakan “business plan kalau sudah jelas tujuannya dalam bisnis dapat berhasil/menghasilkan keuntungan/omzet maka diperlukanlah suatu perencanaan”. Ia melanjutkan paparan mengenai Pentingnya Business Plan, setelah menjelaskan panjang lebar ia menyampaikan bahwa “dengan perencanaan keuangan business plan maka betul-betul kita merencanakan keuangan secara tepat, terdapat kontrol dan lain sebagainya, “ucapnya. Ia mengatakan “diskusi kali ini akan dilakukan seputar modal, investasi, produk, plan dan pemasaran”. Lalu ia menyampaikan teori Overview Potential Market, berisikan : Pesaing/Kompetitor, Pemimpin Pasar, Hukum/Aturan Pasar, Teknologi dan Konsumen. Ia menjelaskan bahwa standar-standar teknologi harus dipelajari oleh masing - masing orang/UKM, pilihan alternatif atas suatu teknologi, apakah teknologi tersebut essensial atau tidak, “ucapnya. Di pertengahan paparan, Ir. M. Angwar, M.P. (Peneliti Senior Pangan BPTBA LIPI) mengajukan pertanyaan mengenai pemimpin pasar, ia bertanya bagaimana menghadapi pemimpin pasar yang sudah punya jaringan sendiri yang luas dan besar ?, bagaimana cara menghadapinya, “tanyanya. Bpk. Genta lalu menjawab bahwa hal ini kita harus membuka jaringan sendiri atau ikut dengan jaringan yang sudah ada, “ucapnya. Kemudian diteruskan dengan pertanyaan dari Ir. Kurniadi, M.T. mengenai produk-produk komoditi kuliner, pemimpin pasar, manakah yang lebih diperhatikan ? dimana terdapat produk-produk lain seperti produk elektronik, indomie, dsb., “ucapnya. Bpk. Jumirin (CV. Buana Citra Sentosa/Gudeg Bu Tjitro) juga bertanya tentang apa tolok ukur pemimpin pasar ?, bagaimana menentukannya ? dan bagaimana caranya Bu Tjitro dapat menjadi pemimpin pasar ?, “ucapnya. Setelah menjawab pertanyaan Bpk. Jumirin, Bpk. Genta meneruskan paparan materinya yaitu tentang Marketing Perspective/Persfektif Pemasaran, berisikan ; pasar, produksi, target pasar, skala usia, gaya hidup, psikologis dan geografis. Diteruskan dengan Operational Perspective dan Human Resources Perspective. Pertanyaan lanjutan muncul dari Ibu Karnila Sari (CV. Niela Sary), ia menanyakan tentang bagaimana cara menentukan cost dengan perhitungan Bpk. Genta dan dengan perhitungan dari saya, “ucapnya. Bpk. Genta lalu langsung menjawab pertanyaan yaitu dengan 1. Menentukan Harga Berdasarkan Biaya dan 2. Berdasarkan Kompetitor, “ucapnya. Pertanyaan terakhir datang dari Bpk. Jumirin mengenai harga-cost, cost differensiasi, kompetitor dan lebih baik memakai strategi harga atau bagaimana, “ucapnya.

Acara berlangsung hingga siang Pkl. 12:00 WIB dan dalam penutupan oleh Kepala BPTBA LIPI Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc. ia mengucapkan terima kasih kepada Eureka Mahardhika Consultant dan Bpk. Moch. Genta Mahardhika yang telah berbagai ilmu kepada kita disini, “katanya. Lalu ia mengucapkan terima kasih kepada UKM-UKM yang hadir sehingga dapat terhilirkan teknologi kami, “ucapnya, sehingga UKM-UKM dapat hidup dalam hal branding, teknologi dan pemasaran, “ucapnya. Ia menyampaikan kata kunci yang perlu diingat oleh UKM-UKM binaan BPTBA LIPI yaitu “pada saat memasuki usaha, itu adalah misi yang sangat besar bagi kita, “katanya./De

|


Artikel Sejenis