Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2016 = 4,43 (skala 0-5) | Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2016 = 79,83 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

PELATIHAN TEKNOLOGI PEMBUATAN MOCAF DAN OLAHANNYA – SMK N 1 PANDAK - BANTUL

Gunungkidul – Rabu, 8 November 2017, Pkl. 09:00 WIB, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengadakan Pelatihan Teknologi Pembuatan Mocaf dan Olahannya bagi Guru SMK Negeri 1 Pandak – Bantul. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan kerjasama yang telah dituangkan dalam nota kesepahaman dan surat perjanjian kerjasama antara Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI, SMK Negeri 1 Pandak – Bantul, PT. Astra International, Tbk. dan Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim. Kerjasama dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 1 Pandak – Bantul dan mendukung kegiatan alih ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilaksanakan oleh Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Kegiatan kerjasama diwujudkan dalam bentuk pelatihan atau on the job training bagi guru SMK Negeri 1 Pandak – Bantul yang terletak pada kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), dari kegiatan ini guru – guru jurusan agribisnis hasil pertanian di SMK N 1 Pandak diharapkan mampu melakukan pembuatan Tepung Mocaf dengan standar baku serta menghasilkan Tepung Mocaf yang sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sekaligus juga dapat membuat produk olahan dan mengoperasikan peralatan produksi Tepung Mocaf.

Dibuka oleh Kepala BPTBA LIPI Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc., kegiatan ini diikuti oleh 7 orang Guru SMK Negeri 1 Pandak – Bantul dan akan berlangsung dari tanggal 8 – 10 November 2017 di Kantor BPTBA LIPI Gunungkidul dengan materi mengenai Teknologi Pembuatan Mocaf dan Olahannya yang berisikan tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) di Industri Rumah Tangga (IRT), Pengolahan Mocaf pada Tanaman Ubi Kayu, Mengapa Mocaf ?, Keunggulan Mocaf, Prospek Pengembangan, Prinsip Pembuatan, Starter Mocaf, Kualitas Produk Mocaf, Pengupasan Ubi Kayu dan Aneka Olahan. Agenda pelatihan di hari pertama diisi dengan Materi I oleh Peneliti Bidang Pangan – Rifa Nurhayati, M.Sc. tentang Bioproses Mocaf dengan Starter Lactobacillus Plantarum Starmof LIPI dan diteruskan dengan Praktek tentang Penanganan Bahan Baku, Fermentasi Tahap I dan Persiapan Starter. Hari kedua dilanjutkan dengan Praktek Fermentasi Tahap II dan Inokulasi Strater dengan penyampaian Materi II oleh Ir. Kurniadi, M.T. mengenai Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan lalu diteruskan dengan Materi III oleh Yuniar Khasanah, S.TP., M.Sc. mengenai Sifat Fungsional Tepung Mocaf.

Pada hari terakhir, pelatihan akan diisi oleh penyampaian Materi III oleh Ir. M. Angwar, M.P. dengan paparan tentang Teknologi Pengeringan dan Teknoekonomi Mocaf yang diteruskan dengan Praktek Teknik Pengeringan, Penepungan dan Pengemasan yang diteruskan dengan Evaluasi Pelatihan sekaligus Penutupan./De

|


Artikel Sejenis