• Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 = 3,82 (skala 0-4) || • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2017 = 81,16 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

Kunjungan Mahasiswa Fakultas MIPA - Universitas PGRI Palembang Ke BPTBA LIPI

Gunungkidul – Selasa, 17 April 2018, Pkl. 14:00 WIB, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul dikunjungi oleh mahasiswa/i Fakultas MIPA – Universitas PGRI Palembang. Kunjungan bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa Fakultas MIPA terutama Jurusan Biologi, Fisika dan Kimia mengenai penelitian di bidang kimia dan bahan alam. Dalam pengantarnya, Dekan Fakultas MIPA – Universitas PGRI Palembang Bpk. Dr. Syaiful Edi, M.Si. mengutarakan bahwa datang ke BPTBA LIPI untuk menggali ilmu dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, ia mengatakan “hal ini cukup penting di bidang MIPA untuk bidang studi biologi, fisika dan kimia terutama untuk melakukan pengujian pada bahan alam yang mengandung obat”. Setelah menyampaikan profil universitasnya beserta fakultas yang ada, Bpk. Syaiful Edi menyampaikan kedatangan kesini untuk melihat teknologi – teknologi yang sudah dikembangkan, khususnya bahan alam dan mungkin untuk kegiatan penelitian, pelatihan dan kerjasama, “ucapnya. Ia menambahkan “untuk penelitian, kerjasama penelitian oleh dosen atau mahasiswa, mengingat potensi Sum-Sel untuk tanaman obat yang belum dieksplorasi secara optimal, hal ini merupakan sebagai cambukan untuk berkegiatan, mengeksplorasi serta menimba ilmu, dsb, “ucapnya.

Rombongan yang terdiri dari 46 Mahasiswa Sem. II, IV dan VI beserta 6 Dosen Pendamping ini diterima oleh Kasie. Layanan Jasa dan Informasi BPTBA LIPI - Bpk. Safitri Widodo, S.E. Rombongan yang sebelumnya mengunjungi Universitas Gadjah Mada ini memperoleh paparan tentang tugas dan fungsi di bidang pangan, pakan dan bahan alam, dilanjutkan dengan penyampaian profil lembaga, produk hasil riset dan pengembangan serta teknologi dan proses yang ada, antara lain ; canning, olahan pangan, aditif pakan, integrated farming system, biogas, olahan herbal dan sebagainya. Rombongan juga mendapat penjelasan mengenai fasilitas dan laboratorium yang ada serta kegiatan diseminasi, implementasi dan IPTEKDA yang dilaksanakan di daerah – daerah.

Dalam audiensi, peserta kunjungan menyempatkan diri untuk bertanya segala sesuatu tentang kegiatan penelitian di BPTBA LIPI, tanya jawab berisikan hal –hal mengenai kegiatan IPTEK yaitu praktek kerja lapangan dalam hal ketersediaan akomodasi dan fasilitas, apakah di BPTBA LIPI tempatnya disediakan atau tidak, semisal fasilitas asrama dan berapa lama biasanya jangka waktu PKL yang akan dilakukan. Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan tentang program eduwisata, apakah sejauh ini ada yang datang ke BPTBA LIPI untuk melakukan eduwisata.

Dikarenakan keterbatasan waktu, rombongan lalu meneruskan kunjungan dengan mengunjungi langsung lapangan dan area penelitian setelah sebelumnya melakukan penyerahan cenderamata berupa bibit tanaman yang sekaligus akan diteruskan dengan penanaman langsung bibit tanaman secara simbolis di halaman belakang BPTBA LIPI Gunungkidul./De

|


Artikel Sejenis