• Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 = 3,82 (skala 0-4) || • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2017 = 81,16 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

Kunjungan Kerja Lapangan Prodi Pendidikan IPA - FKIP UNS

Gunungkidul – Senin, 21 Mei 2018, Pkl. 09.30 WIB, mahasiswa/i Program Studi Pendidikan IPA – Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas 11 Maret Surakarta mengunjungi Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI Gunungkidul, kunjungan dimaksudkan sebagai KKL (Kunjungan Kerja Lapangan) bagi mahasiswa semester II. Dalam pengantarnya Dosen Pendamping Mahasiswa Bpk. Yudi Rinanto menyampaikan bahwa “datang kesini untuk belajar, melihat fasilitas apa yang dimiliki di lembaga ini dan aktifitas apa yang dikerjakan”, ia lalu meneruskan bahwa adik - adik ini menempuh mata kuliah instrumentasi IPA, agar dapat memperoleh tambahan pengetahuan atas peralatan yang dimiliki oleh BPTBA LIPI Gunungkidul, “ucapnya. Ia mengatakan bahwa “program pendidikan IPA ini mendidik para calon guru SMP di dalam mata pelajaran IPA”.

Rombongan mahasiswa semester II berjumlah 39 orang beserta 2 Dosen Pendamping ini diterima oleh Kasie. Layanan Jasa Dan Informasi BPTBA LIPI - Bpk. Safitri Widodo beserta Tim. Rombongan memperoleh paparan materi mengenai profil lembaga, struktur organisasi dan bidang keilmuan yang ada. Dilanjutkan dengan paparan tentang produk hasil riset dan pengembangan serta  teknologi dan proses yang ada di bidang pangan, pakan dan bahan alam, antara lain yaitu : teknologi canning, produk olahan pangan, pengembangan umbi-umbian, produk aditif pakan, produk silase pakan komplit, integrated farming system, biogas dan olahan herbal, lalu dilanjutkan dengan program kegiatan diseminasi, implementasi dan IPTEKDA yang dilakukan di daerah – daerah.

Diskusi berisikan tanya jawab dan penjelasan mengenai berbagai hal terkait dengan kegiatan IPTEK, yaitu tentang bagaimana prosedur pengajuan kegiatan penelitian mahasiswa atau untuk Unit Kegiatan Mahasiswa, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai makanan instan, yang perlu dikurangi akan tetapi LIPI malah mengolah makanan tersebut, bagaimana hal ini ?. Pertanyaan dan pembahasan terakhir diajukan oleh Dosen Bpk. Yudi Rinanto tentang program kerjasama dengan BAPPEDA Kabupaten Ngawi dalam pengembangan dan pengolahan produk cokelat olahan kakao dan olahan bubuk cokelat./De         

   

|


Artikel Sejenis