Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2016 = 4,43 (skala 0-5) | Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2016 = 79,83 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Press

BULAN TEKNOLOGI BPTBA LIPI TAHUN 2017

Yogyakarta – Sabtu, 9 September 2017, Pkl. 09:00 WIB, masih dalam rangkaian puncak acara pelaksanaan Bulan Teknologi Tahun 2017, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul bersama LIPI Press menyelenggarakan acara Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Press. Bertempat di Science Theater Taman Pintar Yogyakarta, kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI Bpk. Hardi Julendra, S.Pt., M.Sc. dan diikuti oleh 63 peserta dari kalangan universitas, dinas pemerintah, satuan kerja LIPI dan yayasan pendidikan.

Acara mendatangkan Narasumber dari LIPI Press Sdr. Dhevi EIR Mahelingga (Balai Media dan Reproduksi LIPI) dan Sdr. Rusli Fazi (Balai Media dan Reproduksi LIPI). Dalam sambutan dan paparannya Sdr. Dhevi EIR Mahelingga menjelaskan mengenai Penerbitan Ilmiah, Key Process Penerbitan Ilmiah LIPI Press, Copy Editing, Layout, Modify dan Career Design. Dalam Paparan, ia juga menyampaikan tentang Empat Pilar Publikasi Ilmiah yang berisikan Layanan Penerbitan Elektronik, Cara Menerbitkan Buku Ilmiah di LIPI Press, berupa ; syarat, kriteria dan pembiayaan. Kemudian sesi kedua acara workshop diteruskan dengan paparan dari Sdr. Rusli Fazi yang berisi mengenai Modul 1. Penerbitan Ilmiah ; Mengapa Perlu Penerbitan Ilmiah ?, Penerbit Ilmiah, Penerbit Umum dan Percetakan. Selanjutnya Modul 2. Apa Saja Jenis-Jenis Terbitan Ilmiah ?, jenis a. Buku, b. Terbitan Ilmiah Populer (memoar, biografi, otobiografi, buku panduan dan katalog). Selanjutnya ia menjelaskan mengenai perbedaan yang terdapat pada buku ilmiah dan buku bunga rampai.

Audiensi diisi dengan berbagai pertanyaan dari peserta, Ir. Kurniadi (BPTBA LIPI) yang bertanya tentang jumlah batasan artikel dalam bunga rampai yang ada berapa ?, Dini Ariani (BPTBA LIPI) yang bertanya tentang penyusunan dengan editing, penelaah dan lain sebagainya. Sdr. Feri yang bertanya penerbitan di LIPI Press bagaimana mekanisme penerbitannya dan pertanyaan lain yang datang yaitu tentang fungsional statistik dan profesi, bagaimana link/hubungan kerjasama dengan LIPI dan penerbitan ilmiah di LIPI harus sudah terakdreditasi KNAPPP atau tidak. Terakhir pertanyaan datang dari Sdr. Yus mengenai topik-topik penerbitan, marketing, distribusi dan kelancaran penerbitan. Kegiatan workshop berlangsung  hingga siang hari Pkl. 12:00 WIB./De

 

 

|


Artikel Sejenis