Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2016 = 4,43 (skala 0-5) | Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2016 = 79,83 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

Kunjungan SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta

Gunungkidul – Rabu, 25 Oktober 2017, Pkl. 11:00 WIB, siswa/i SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta berkunjung ke Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul, kunjungan berjumlah 54 siswa/i dan 4 guru pendamping ini bertujuan untuk pelaksanaan acara outdoor setiap tahun ajaran baru diadakan, “ucap Guru Pendamping Bpk. Abdul Mudjib dalam pengantarnya. Ia menambahkan agar dari kunjungan ini anak - anak dapat melakukan tanya jawab langsung ke peneliti dan kunjungan kali ini dilakukan oleh siswa/i Kelas IPS (2 Kelas) dan Kelas IPA (1 Kelas), “ucapnya.

Rombongan diterima oleh Peneliti Bidang Pakan - Hendra Herdian, S.Pt., M.Sc. dan mendapat paparan mengenai profil lembaga, struktur organisasi dan bidang keilmuan. Hendra Herdian menyampaikan ke peserta bahwa ia memohon maaf atas keterbatasan tempat dikarenakan sedang adanya renovasi gedung, ia mengatakan sangat senang adanya kantor ini dapat diapresiasi oleh adik - adik siswa, “ucapnya. Ia menyampaikan paparan tentang definisi keilmuan, kedeputian bidang keilmuan di LIPI, produk hasil riset dan pengembangan di bidang pangan, pakan, bahan alam dan lingkungan. Ia juga menyampaikan teknologi, proses dan produk hasil riset diantaranya ; teknologi canning, makanan fungsional, produk olahan cokelat, produk aditif pakan, silase pakan, integrated farming system, biogas, bioethanol dan kegiatan diseminasi, implementasi dan IPTEKDA yang dilakukan di daerah - daerah.

Audiensi diisi dengan pertanyaan, Sdri. Rani (Kelas XII IPA) bertanya mengenai inovasi gudeg dalam kemasan kaleng, karena kemasan kaleng kurang bersahabat dengan masyarakat dan dikarenakan sulit terurai, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang lambang/logo LIPI, apakah maksudnya, lalu pertanyaan berikutnya adakah di LIPI meneliti tentang obat – obatan dan jika ada mohon dijelaskan yang dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai hasil pakan di peternakan, apakah masih diteliti dan dilakukan di sekitar sini saja dan bagaimana pengolahan yang baik dan pemanfaatannya.

Pertanyan dijawab oleh Hendra Herdian dengan menjelaskan yaitu generasi terbaru tentang pengemasan gudeg, gudeg instan dalam pengemasan yang ramah lingkungan dan dilakukannya juga pengemasan untuk masakan rendang padang, ikan aceh yang dalam pengemasan harus sesuai dengan ukuran suhu. Dilanjutkan oleh Hendra Herdian yang menerangkan mengenai tidak adanya penelitian kedokteran di LIPI. Di tengah penjelasan, muncul pertanyaan dari siswa mengenai inovasi, apakah di LIPI setiap tahun dituntut untuk melakukan inovasi baru atau tidak ?, yang kemudian dijawab oleh Hendra Herdian yang mengatakan kalau inovasi setiap tahun harus dilakukan tapi invensi tidak dan di LIPI terdapat daftar penemuan dan inovasi yang dilakukan oleh  LIPI./De

|


Artikel Sejenis