• Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 = 3,82 (skala 0-4) || • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2017 = 81,16 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

BPTBA LIPI Ikuti Pameran Hari Krida Pertanian DIY Ke-46 Tahun 2018

 

Gunungkidul – Senin, 4 Juni 2018, Pkl. 08.00 WIB, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengikuti kegiatan Pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran Hari Krida Pertanian Ke-46 Tahun 2018 bertemakan “Dengan Semangat Hari Krida Pertanian Kita Tingkatkan Penguasaan Teknologi Dan Inovasi Petani Menuju Kemandirian Dan Kedaulatan Pangan“, pameran ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dinas Pertanian Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengingat potensi yang ada di dalam bidang pertanian dan komoditi di Wilayah D.I. Yogyakarta dan sekaligus juga sebagai momen yang tepat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah DIY - Bpk. Ir. Gatot Saptadi mengatakan bahwa sektor pertanian terbukti berperan penting dalam mendukung perekonomian di bidang tenaga kerja, nilai tambah, kemiskinan dan merupakan motor penggerak DIY, “ucapnya. Ia melanjutkan “arah pembangunan pertanian harus menggunakan teknologi yang maju sehingga dapat meningkatkan lapangan kerja, perekonomian, pembangunan wilayah dan sebagainya”, “pameran ini selaras dengan kondisi kita menghadapi hari lebaran sehingga dalam waktu dekat dapat melayani kebutuhan masyarakat sekaligus juga sebagai sarana untuk mengkontrol dan memperhatikan kondisi harga di pasaran, “ucapnya.

Ketua Panitia Pameran Bpk. Sumari Citra Wibowo pada sambutan menyoroti tentang potensi DIY, komoditi/pertanian dan hambatan – hambatan yang ada, ia mengatakan dalam menghadapi hambatan ini telah dilakukan upaya promosi hasil pertanian agar nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani, “ucapnya. Ia meneruskan “HKP merupakan ajang promosi/silaturahmi untuk mengenalkan kepada masyarakat umum Yogyakarta”, “Hari Krida Pertanian diperingati setiap tahunnya pada tanggal 21 Juni yang bertujuan untuk ; 1. Memberi ucapan syukur kepada Tuhan YME atas hasil pertanian yang diperoleh, 2. SKPD dapat menampilkan karya binaannya, 3. Menyambung tali kasih dengan adanya kegiatan bantuan sembako, dan 4. Memberikan paket harga yang lebih murah kepada masyarakat dan konsumen”.

Pameran yang diikuti oleh instansi pusat dan daerah antara lain ; Bank Indonesia, Kementerian Pertanian, Dinas-Instansi Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta, Asosiasi Pasar Tani, Kelompok Wanita Tani, Usaha Kecil dan Menengah, dll. rencananya akan berlangsung dari tanggal 4 s/d 8 Juni 2018, pada Pkl. 08:00 – 16:00 WIB, berlokasi di Halaman Kantor Dinas Pertanian DIY, dengan agenda kegiatan yaitu 1. Bazzar, 2. Penukaran Uang dan 3. Talkshow-bertemakan kebijakan dinas pertanian, pengembangan teknologi pertanian, kedaulatan pangan, jenis asuransi pertanian dan teknologi/inovasi yang dikembangkan dalam dunia pertanian.

Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI dalam kesempatan ini memamerkan produk - produk hasil penelitian dan pengembangan di bidang pangan, pakan, teknologi kimia, bahan alam dan lingkungan. Produk-produk yang dipamerkan antara lain yaitu : Produk Makanan Kaleng (Canning), Lemo-Fit, Sabun Transparan dan Produk Minuman Secang, Beras Kencur, Sirih Wangi, dsb., dipamerkan juga Produk Susu Kambing PE/Etawa, Mie AYO, Enting – enting Kacang/Jahe binaan IPTEKDA milik UKM Bimaram Banombo, Kacang Miroso dan Produk-produk minuman olahan cokelat Choco-Mix milik Griya Cokelat Nglanggeran. Adapun display menampikan bahan baku yang digunakan di dalam penelitian dan pengembangan, yaitu Tepung-tepungan : Tempe, Pati Tacca, BMC, Gembolo, Pati Garut dan Mocaf serta bahan pokok berupa beras, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, labu merah, ketela dan ketela selo. Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI dalam pameran kali ini juga mengadakan kegiatan Konsultasi Ilmiah di bidang IPTEK, bidang yang dapat dikonsultasikan langsung dengan para peneliti BPTBA LIPI yaitu bidang pangan lokal, bidang bahan alam, bidang teknologi kimia dan lingkungan serta bidang pakan dan ternak, berlangsung hingga Kamis, 7 juni 2018./De         

   

|


Artikel Sejenis