• Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2017 = 3,82 (skala 0-4) || • Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 2017 = 81,16 | Apa itu gratifikasi? Mari mengenal untuk menghindari      ***       Menemukan indikasi tindak korupsi? LAPORKAN !!
[show]  [hide]  [show-banner]
workimg

Open House Kunjungan Hari Ke-2 & 3 BPTBA LIPI

BULAN TEKNOLOGI BPTBA LIPI TAHUN 2018

 

Gunungkidul – Rabu, 7 November 2018, Pkl. 09:00 WIB, masih dalam rangkaian Pelaksanaan Bulan Teknologi Tahun 2018 Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Gunungkidul. Hari Ke-2 & 3 kegiatan Open House Kunjungan diisi dengan kunjungan dari siswa/i sekolah dan Ibu-ibu Dharma Wanita.

Hari Ke-2/Selasa, 6 November 2018, kunjungan datang dari siswa/i sekolah TK ABA Sidorejo (83 siswa), PAUD SPS III Wonosari (26 siswa), SDII Waladun Sholihun (105 siswa-Kelas I s/d III, 5 guru), SMP N 2 Tepus (20 siswa-Kelas VII, 1 guru) dan Ibu-ibu Dharma Wanita Kab. Gunungkidul (100 orang). Rombongan diterima oleh Kepala TU & Kepegawaian-Ibu Myta Damayanti Soeharto, rombongan mendapat paparan tentang profil lembaga, bidang keilmuan dan produk hasil riset beserta pengembangannya.

Rombongan juga mengikuti Science Show-Teknologi Pengolahan Cokelat oleh Peneliti Pangan - Rifa Nurhayati, dkk. Dijelaskan mulai dari Buah Kakao (Theobroma Cocoa), Indonesia sebagai negara terbesar ke-2 di dunia penghasil cokelat setelah Negara Pantai Gading, Manfaat Cokelat (kalsium untuk tulang, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan fungsi pankreas). Dilanjutkan dengan Jenis Cokelat (dark cokelat, white cokelat dan milk cokelat) dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan cokelat diantaranya ; pasta, lemak, gula, lesitin, susu bubuk dan vanilla. Ia lalu mempraktekkan bagaimana membuat cokelat, dalam proses pembuatan cokelat, mulai dari pencampuran bahan yang harus dilakukan selama 20 jam, pelelehan dengan pendidihan, pencetakan dengan dimasukkan ke packing bag, lalu dicetak dan dimasukkan ke referigerator/freezer.

Sedangkan Hari Ke-3/Rabu, 7 November 2018, pengunjung yang datang yaitu dari TK Pertiwi Gading, SMK Mardhotillah Playen (29 siswa), SMK N 1 Nglipar (16 siswa), SMP Budi Mulia 2 Yogyakarta (17 siswa), SMA N 2 Bantul (250 siswa-Kelas XI, 7 guru pendamping). Guru Pendamping TK Pertiwi Gading dalam pengantarnya berkata “kami mengucapkan terima kasih berkunjung ke LIPI, mudah-mudahan menambah wawasan, anak-anak dapat menjadi penerus bangsa dan cerdas”.

Disambut oleh Kasie. Sarana dan Prasarana-Bpk. Wahyu Setyo Prabowo, rombongan mendapat paparan mengenai LIPI, bidang-bidang keilmuan dan produk-produk hasil riset. Dalam audiensi siswa SMP Budi Mulia 2 YK bertanya, agenda movie theater, selain di movie time, kita bisa akses dimana ya untuk bahan pembelajaran di sekolah ?, dilanjutkan dengan pertanyaan selain bulan teknologi, apakah sekolah bisa berkunjung, atau hanya di bulan teknologi saja. Hal ini langsung dijawab oleh Bpk. Wahyu Setyo Prabowo, “untuk film diproduksi oleh Balai Informasi Teknologi LIPI, kalau menginginkan DVD bisa menghubungi BIT LIPI atau dapat dilihat langsung di youtube”, ia melanjutkan untuk kunjungan bisa diluar bultek, pada jam kerja senin-jum’at”. Pertanyaan juga datang dari siswa/i SMA N 2 Bantul, Akbar (Kelas XI-IPA 1) bertanya tentang persebaran LIPI di Indonesia yang di Kalimantan kok tidak ada, Wuri (Kelas XI-IPA 4) menanyakan tentang kontribusi yang dapat dilakukan siswa/i SMA N 2 Bantul dalam penelitian di LIPI dan Siswa Fahrial (Kelas XI-IPA 3) bertanya tentang LIPI ranking 1 di Indonesia, yang ranking 1 di dunia siapa ya ?. Hal ini kemudian dijawab oleh Bpk. Wahyu Setyo Prabowo, kita melakukan pengembangan kebun raya juga di daerah-daerah dan kita ada pelatihan/PKL untuk siswa sekolah, “ucapnya. Science Show di Hari Ke-3 ini diisi dengan Praktek Bedah Ayam, Praktek Silase dan Gas Test oleh Peneliti Bidang Pakan dan Teknologi Kimia-Lingkungan./De

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

|


Artikel Sejenis